AL-KHAUF DAN AR-RAJA'

(RASA TAKUT DAN HARAP)

Oleh : HM. Hafiz Yazid

       Rasa takut dan harap laksana dua sayap, dimana para Muqorrobun terbang dengan keduanya menuju setip maqam (kedudukan) yang mulia. Dan rasa takut dan harap juga laksana dua tunggangan, dimana dengan mengendarai keduanya ditempulah segala rintangan jalan menuju akhirat. Maka tidak ada yang dapat menuntun seseorang untuk dekat  kepada Allah yang Maha Pengasih dan hakikat surga melainkan rasa harap, sebagaimana tidak ada yang dapat merintangi seseorang dari siksaan neraka dan azab yang pedih melainkan rasa takut.
          Imam Al-Qusyairy menukil dari Imam Abu Ali Ar-Ruzbari beliau berkata " rasa takut dan harap laksana dua sayap burung, apabila keduanya seimbang maka seimbang dan sempurnalah terbangnya, apabila berkurang salah satunya maka terjadilah ketimpangan dan jika hilang salah satunya maka burung tersebut seakan dalam sekarat.
Al-Khauf (rasa tkut) : sebuah ungkapan tentang rasa perih dan terbakarnya hati karena menanti sesuatu yang dibenci dikemudian hari. Ungkapan lain dari Khauf adalah Al- Faz'u, Ar-Ro'u, Ar-Rohbu, Al-Khifatu, dan Al-Khasyah.
Imam Abu Ali Ad-Daqqoq r.a berkata " Al-Khauf (rasa takut) memiliki tingkatan
1. Al-Khauf : merupakan syarat Iman, Iman seorang hamba dapat memberikannya rasa takut
2. Al-Khosyah : merupakan syarat Ilmu, jadi ilmu seseorang hamba dapat memberikanya Al-Khosyah
3. Al-Haibah : merupakan syarat Ma'rifat seorang hamba dapat menumbuhkan haibah pada dirinya

Definisi Raja'
- Ketergantungan hati untuk mencapai sesuatu yang diinginkan pada masa yang akan datang
- Perasaan tenteram terhadap karunia Allah SWT yang diiringi dengan bukti amal perbuatan dalam semua hal, andai tidak diiringi dengan bukti amal perbuatan maka disebut sebagai Ghufur (tipu daya).

Baca Selengkapnya....

0 komentar: