SURGA DAN KENIKMATANNYA


 Oleh: M. Tohir Ritonga

                Setelah dunia ini berakhir dengan terjadinya kiamat, maka jin dan manusia akan dihadapkan kepada berbagai macam peristiwa, mulai dari dibagkitkan dari kubur masing-masing dengan raut wajah yang beragam, dihitung amal baik dan buruk lalu ditimbang, disidang di hadapan Allah ‘Ajja Wajalla, lalu melewati telaga baginda Rasul saw. yang tidak semua orang diizinkan untuk meminumnya, setelah itu perjalanan melewati titian (shirath), kemudian masuk ke dalam surga atau neraka.
                Merupakan suatu hal yang wajib diimani bahwa surga dan neraka itu ada (haq), orang yang tidak percaya akan keberadaan surga dan neraka berarti ia mengingkari ayat-ayat Al-Qur’an dan sejumlah Hadis Nabi saw. yang menceritakan kenikmatan surga dan kepedihan azab neraka. Oleh karena itu, salah satu rukun iman adalah beriman kepada hari akhir, artinya mempercayai peristiwa-peristiwa yang akan dialami manusia sebagaimana yang dijelaskan di dalam Al-Qur’an dan Hadis.
                Allah swt. menempatkan manusia setelah kiamat nanti sesuai dengan amalannya selama hidup di atas dunia ini, hamba yang ta’at tentu akan diberikan tempat yang mulia, dan sebaliknya hamba yang maksiat akan dimasukkan ke dalam tempat yang hina.

0 komentar: